Kamis, 11 November 2010

Menulis Bagi Anak Berkebutuhan Khusus

DSC00045

Bagi sebagian anak yang berkebutuhan khusus merupakan hal yang sangat sulit, karena dalam kegiatan tulis menulis memmerlukan koordinasi dari beberapa otot serta memerlukan koordinasi otak yang cukup banyak.

Dalam mengajarkan menulis kepada anak yang berkebutuhan khusus sebaiknya tidak dipaksakan karena jika dipaksakan anak akan mengalami stress dan merasa tertekan. karena pada dasarnya anak yang berkebutuhan khusus yang tidak mengalami gangguan dalam hal mendengar bisa mendengarkan perintah kita, oleh karena adanya gangguan dalam sistem koordinasi di otak yang menyebabkan anak berkebutuhan khusus lambat dalam merespon perintah kita

Mengajarkan menulis pada anak banyak cara yang bisa ditempuh yaitu:

  1. Menggunakan metode pasir yaitu anak diajak untuk menuliskan sebuah huruf di atas pasir kemudian terapis melabelkan huruf apa yang sedang ditulis. Cara ini bisa menggunakan pena atau jari anak
  2. Mengunaka metode Amplas yaitu sebuah kertas yang biasa digunakan oleh tukang bangunan untuk menghaluskan bahan bangunan. Cara ini sangat efektif bagi anak yang memang sulit untuk membayangkan huruf yang sedang ditulis. Anak diarahkan untuk menggunakan jari mereka sehingga ujung jari mereka merasakan gerakakan yang di prompt oleh terapis sehingga reseptor pada jari bisa menggirimkan sinyal kepada otak dari apa yang sedang dirasakan.

masih banyak cara yang bisa dilakukan oleh orang tua dan terapis. Dan dua cara tersebut di atas sudah saya lakukan sendiri untuk beberapa anak dan memberikan efek yang signifikan terhadap perkembangan anak dalam hal menulis

0 komentar:

Posting Komentar