Rabu, 10 November 2010

AKU

Huda

Seperti yang kamu tahu, aku adalah penyandang suatu kelainan yang disebut AUTISME atau biasa orang menyebutnya PDD (Pervasive Developmental Disorder). Autisme ataupun PDD adalah suatu kelainan perkembangan otak yang membuat aku sulit untuk mengerti lingkungan disekitarku. Aku punya keterbatasan dalam otakku yang tidak kamu lihat tapi dapat membuatku sulit untuk dapat beradaptasi dengan keadaan sekelilingku.


Terkadang aku terlihat kasar dan tidak sopan. Semua ini karena aku berusaha keras untuk dapat mengerti dan di mengerti orang lain.


Penyandang autisme punya kemampuan yang berbeda beda; ada yang tidak ingin berbicara; ada yang dapat membuat puisi indah, atau sangat mahir dalam matematika (Albert Einstein juga penyandang autisme), atau sulit berteman. Kami penyandang autisme semuanya berbeda dan memerlukan bantuan orang lain.
Kadangkala saat aku disentuh secara tiba tiba, aku merasa sangat sakit dan membuatku ingin menjauh. Aku juga mudah frustasi. Ketika berada bersama orang banyak aku merasa seperti sedang berada disebelah kereta api yang bergerak dan mencoba untuk memutuskan bagaimana dan kapan harus melompat ke-dalam kereta.


Aku selalu merasa amat ketakutan dan bingung, sama seperti ketika kamu berada di- satu planet berisi mahluk angkasa luar dan kau tidak mengerti bagaimana mereka berkomunikasi.


Karenanya aku selalu memerlukan keadaan yang nyaman dan tidak berubah ubah. Jika aku berhasil mempelajari bagaimana satu keadaan atau hal dapat terjadi maka aku dapat merasa tenang. Tapi jika keadaan berubah maka aku harus berusaha ekstra keras untuk mulai dari awal untuk  mempelajari keadaan itu berulang ulang !.


Jika kau berbicara padaku, aku seringkali tidak dapat mengerti apa yang kamu katakan karena terlalu banyak gangguan disekitarku. Aku harus berkonsentrasi keras untuk mengerti satu hal. Engkau mungkin merasa aku cuek tapi sebenarnya tidaklah demikian. Aku mendengar semuanya tanpa dapat aku mengerti hal mana yang memerlukan jawaban.

Semua keadaan harus terlebih dahulu aku pahami jika tidak maka maka aku menjadi frustasi dan bingung. Ini tidaklah berarti kamu harus merubah caramu melakukan sesuatu  hanya saja engkau perlu bersabar dengan sikapku dan mengerti bagaimana sulitnya aku harus beradaptasi

Aku adalah orang yang unik dan mungkin juga menarik. Jika aku gagal dan bersikap tidak sesuai dengan keinginanmu, mohon sadarilah bahwa sistim di otak-ku tidak dapat mengikuti norma dan aturan orang kebanyakan.

0 komentar:

Posting Komentar